Loving Spoon

Bahan Kandungan Selai Kacang

Published 8 months ago in Blog - 0 Comments
bahan kandungan dari selai kacang

Kacang tanah merupakan makanan yang kaya akan protein. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi selai kacang akan meningkatkan kesehatan tubuh. Saat ini, banyak sekali makanan yang terbuat dari kacang tanah. Salah satu makanan tersebut adalah selai kacang. Selain rasanya yang enak, bahan kandungan selai kacang juga menyehatkan tubuh karena banyak zat baik di dalamnya.

Berbagai Macam Kandungan Gizi yang Terdapat pada Selai Kacang

Selai kacang banyak diminati disemua kalangan. Hal ini dikarenakan bahan-bahan  selai ini bersifat alami. Diolah dari kacang asli kemudian dijadikan bahan makanan. Selai kacang ini mudah sekali ditemukan di minimarket atau toko terdekat. Adapun kandungan gizinya yaitu:

  1. Protein

20% dari selai kacang memiliki kandungan protein. Jadi kalau dalam sebuah roti yang dibeli terdapat 50 gram selai roti, bererti 10 gram itu adalah protein. Protein digunakan tubuh untuk menjaga ketahanan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan yang diserap akan diubah menjadi asam amino. Kegunaan lain dari protein adalah dapat membangun sel-sel dalam tubuh.

Karena banyaknya protein yang terdapat dalam selai kacang ini, maka tubuh akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

  1. Lemak

Kebanyakan lemak berbahaya untuk tubuh manusia. Namun, lemak dalam kandungan selai kacang ini merupakan  lemak baik. Lemak ini berfungsi untuk membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain itu berguna juga untuk mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam darah serta mencegah diabetes tipe 2.

Lemak tak jenuh di dalam selai kacang membuat lisunin tubuh meningkat. Bahan kandungan selai kacang ini sama dengan kandungan lemak yang terdapat pada minyalk zaitun. Kandungan ini berguna sekali untuk mencegah datangnya beberapa macam penyakit. Dengan mengkonsumsi selai kacang , maka berarti telah meningkatkan lemak baik di dalam tubuh.

  1. Kalium

Kandungan berikutnya yang terdapat dalam selai kacang yaitu kalium. Zat ini berguna meningkatkan kinerja saraf dan fungsi jantung. Kalium juga bisa menetralisir kelebihan sodium dalam makanan. Sodium akan mengganggu sistem kardiovaskular. Setiap 2 sendok yang di konsumsi mengandung 238 miligram kalium bagi tubuh. Apalagi jika ditambah dengan madu, manfaat dari selai kacang bakal lebih besar.

  1. Serat

Dua gram serat pangan terdapat pada dua sendok selai kacang. Selai kacang bukan makanan penghasil serat, akan tetapi memiliki kadar serat. Serat dapat membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Serat juga bisa membuat kenyang dalam jangka waktu lama. Di samping itu, serat juga dapat menjaga usus sehingga menjadi berfungsi dengan baik.

  1. Vitamin

Vitamin A dan vitamin C merupakan kandungan vitamin yang terdapat di dalam selai kacang. Seperti yang diketahui semua orang, vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Sedangkan vitamin C digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin diatas dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

  1. Antioksidan

Asam folat, niasi, tiamin, riboflavin, serta resveratrol merupakan antioksidan yang terdapat di dalam selai kacang. Kegunaan antioksidan adalah mencegah datangnya penyakit jantung yang mematikan. Serta mematikan jamur atau virus di dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit yang datang.

  1. Magnesium

Kebutuhan mineral dalam tubuh dapat dicukupi dengan magnesium. Sisi baik dari selai kacang ini yaitu banyak mengandung magnesium. Magnesium berguna untuk kesehatan otot dan kesehatan tulang di tubuh .

Kesehatan memang sangat penting untuk tubuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahan kandungan selai kacang mengandung banyak zat baik untuk tubuh dan dapat menjaga kesehatan dan stabilitas tubuh. Sehingga bisa hidup lebih sehat lagi.

No comments yet